Selasa, 24 April 2012

Tuban punya teknologi pengolahan air, bener gak ya ?


Tuban punya teknologi pengolahan air, bener gak ya ?
           
Tuban merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di propinsi jawa timur, Luas wilayah Kabupaten Tuban 183.994.561 Ha, dan wilayah laut seluas 22.068 km2. Letak astronomi Kabupaten Tuban pada koordinat 111o 30' - 112o 35 BT dan 6o 40' - 7o 18' LS. Panjang wilayah pantai 65 km. Ketinggian daratan di Kabupaten Tuban bekisar antara 0 - 500 mdpl. Sebagian besar wilayah Kabupaten Tuban beriklim kering dengan kondisi bervariasi dari agak kering sampai sangat kering yang berada di 19 kecamatan, sedangkan yang beriklim agak basah berada pada 1 kecamatan.
Cita-cita masyarakat tuban salah satunya adalah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa ada hambatan. Akankah cita-cita tersebut tercapai apabila masyarakatnya saja kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Oleh karena itu, terdapat beberapa kecamatan di tuban yang kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau melanda.
Kita ambil contoh :
1.      Kecamatan Semanding
2.      Kecamatan Grabagan
3.      Kecamatan Bangilan
4.      Kecamatan Kenduruhan
Daerah-daerah diatas merupakan daerah yang rawan kesulitan mendapatkan air bersih apabila musim kemarau melanda di wilayah kabupaten tuban.
Beberapa tindakan yang harus dilakukan adalah melakukan pengembangan teknologi yang bergerak dalam penyediaan air bersih.
Ø Daerah yang mempunyai letak geografis dekat dengan laut, kita bisa melakukan tindakan dengan cara mengolah air laut menjadi air tawar atau air jernih yang layak minum.
Teknologi yang perlu kita kembangkan :
·      Pengolahan air laut  menjadi air bersih
Metode Reverse Osmosis merupakan suatu sistem pengolahan air dari yang mempunyai konsentrasi tinggi menjadi air tawar yang mempunyai konsentrasi agak rendah (encer) dikarenakan adanya tekanan osmosis. Penerapan sistem ini lebih efisien dan dapat diandalkan karena air melewati membrane semi permiabel yang kerapatannya 0,0001 mikron. Tahapan-tahapanya : Filtrasi menggunakan filter gerabah – filter karbon aktif menggunakan kayu bakau (membrane alami) untuk menyaring air.
Ø Daerah yang mempunyai letak geografis dekat dengan sungai, kita bisa melakukan tindakan dengan cara mengolah air sungai yang kotor dan keruh menjadi air untuk keperluan domestik  seperti MCK.
Teknologi yang perlu kita kembangkan :
·           Pengolahan air sungai menjadi air bersih :
·         Metode pengolahan air melalui serbuk biji kelor
Serbuk kelor kita  masukkan ke dalam air sungai, dengan takaran 3-5 gram serbuk kelor untuk 1 liter air sungai. Kemudian aduk selama 10-15 menit lalu partikel-partikel kotoran di air akan mengendap dengan endapan sebuk kelor. Setelah itu terciptalah air jernih dan bisa diminum. Untuk menghilangkan bau kelor yang timbul maka pada saat pengadukan kita tambahkan bungkusan arang yang sedemikian rupa.
·         Metode pengolahan air PT. Holcim Indonesia Tbk
1.      Air sungai kita pompa dengan water pump
2.      Kita endapkan pada kolam namanya “sand basin”
3.      Kita hisap air menuju kolam penampungan air melalui water pump, atau bahasa plant-nya adalah Reservoir.
4.      Setelah itu, air kita alirkan ke wadah tempat penambahan tawas, untuk menjernihkan air. Takaran tawas yaitu 25 kg untuk 4000 liter air sungai.
5.      Selanjutnya masuk kedalam water tank, didalamnya terdapat proses pengadukan air dengan baling-baling atau agigator
6.      Setelah itu masuk kedalam media filter. Media filternya apa saja sich ?
Terdapat pasir, ijuk, serabut-serabutan, kerikil dan karang. Keluaran dari media filter air sudah dalam kondisi bersih tapi dimungkinkan terdapat kuman.
7.      Proses selanjutnya air masuk lagi ke dalam kolam penampungan air atau reservoir dan ditambahkan kaporit untuk membunuh kuman yang masih terkandung dalam air. Takaran kaporit yaitu 20 cangkir kaporit untuk 4000 liter air.
8.      Kemudian air yang telah diberi kaporit siap ditampung ke dalam water tank dan distribusikan untuk keperluan air domestic plant seperti MCK.


Cita-cita yang diimpikan masyarakat tuban tidak mustahil akan terwujud apabila pemerintah setempat mau atau terdorong untuk mencoba teknologi baru pengolahan air yang ada di Tuban melalui beberapa ide yang telah di urai secara garis besarnya saja diatas. Pertimbangan yang matang adalah modal utama untuk terjadinya perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar