Kamis, 09 Juli 2015

Berkebun Bawang Merah

Pemilihan Benih

Bibit bawang merah yang dipilih adalah bawang merah yang mempunyai warna mengkilat, kompak/tidak keropos (tidak kopong), kulit tidak luka dan telah disimpan 2-3 bulan setelah panen.

Persiapan Lahan

Tanah di gemburkan dan diberi pupuk kandang/kompos seminggu sebelum tanam.

Penanaman

– Jarak tanam yang dianjurkan 15 cm x 15 cm pada musim kemarau dan 20 cm x 20 cm pada musim penghujan.

– Jika umur bibit yang akan ditanam kurang dari 2 bulan dilakukan “pemogesan” (pemotongan ujung umbi)  kurang lebih 0,5 cm untuk memecah masa dormansi dan mempercepat masa pertumbuhan tanaman.

– Kemudian umbi bibit ditanam dengan cara membenamkan seluruh bagian umbi.

Pemeliharaan

– Penyiraman: dilakukan sesuai umur tanaman, umur 0-10 hari dua kali sehari pagi dan sore hari, umur 11-35 hari sehari sekali di pagi hari saja, umur 36-50 hari sekali saja pagi atau sore hari. Penyiraman dilakukan pada musim kemarau
Pemupukan

– Bagi yang mau menggunakan pupuk kimia, pemupukan dasar dilakukan pada saat tanam, pemupukan susulan pada umur 14 hari dan umur 35 hari setelah tanam.

– Penyiangan: dilakukan minimal dua kali selama satu musim tanam, yaitu menjelang dilakukannya pemupukan susulan.

Pengendalian Hama dan penyakit

Pengendalian HPT dilakukan bila perlu saja yaitu bila terlihat gejala adanya serangga atau penyakit. Untuk mengendalikannya disemprotkan insektisida, pestisida dan fungisida sesuai dosis yang dianjurkan atau mencabut tanaman yang terkena penyakit agar tidak menular dan membakarnya.

Panen dan Pasca Panen

Untuk konsumsi , waktu panen ditandai dengan 60-70 % daun telah rebah, sedangkan untuk pembibitan ditandai dengan 90 % daun telah rebah. Panen dilakukan pada saat cuaca cerah.

Ketika dipanen bawang merah diikat dalam ikatan-ikatan kecil (1-1,5 kg/ikat) kemudian dijemur selama 5-7 hari. Kemudian bawang dijemur dengan posis penjemuran bagian umbi diatas selama 3-4 hari. Pada penjemuran tahap kedua dilakukan pembersihan tanah dan kotoran. Bila sudah cukup kering (kadar air sudah 85 %) umbi merah siap dipasarkan atau disimpan di gudang. Pemanen dilakukan dengan mencabut tanaman bawang merah dari tanah. Mudah saja mencabutnya karena akar tanaman tidak panjang dan tidak banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar